Welcome to my blog

Hidup bukanlah untuk diratapi tetapi harus dijalani, bila tak bisa kau dapatkan kebahagiaan dalam satu sisi, carilah bahagiamu dalam sisi lainnya. Seperti mata uang yang berbeda sisi, nilainya sama.

Friday 6 February 2015

LAPORAN PRAKTEK BISNIS SISTEM INFORMASI PRODUKSI PADA PT. PROGRESSIO INDONESIA






 













LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK BISNIS
SISTEM INFORMASI PRODUKSI
PADA PT. PROGRESSIO INDONESIA





OLEH :

NAMA       : RUSMIYATUN
NIM            : 10.11.00005





JURUSAN AKUNTANSI
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI RAJAWALI PURWOREJO
2013




LEMBAR IDENTITAS DAN PENGESAHAN

1.      Judul Kegiatan            : Laporan Kegiatan Praktek Bisnis ( Sistem Informasi Produksi
  pada PT. Progessio Indonesia)
2.      Pelaksana Kegiatan
Nama                           : Rusmiyatun
No.Mahasiswa                        : 10.11.00005
Jurusan                        : Akuntansi
3.      Lokasi Kegiatan          : Bandung, Jawa Barat
4.      Waktu Pelaksanaan     : 1 - 3 Maret 2013





Purworejo, 30 April 2013
Dosen Pembimbing



Wiyonoroto, SE, M.Pd.
NIDN.
Pelaksana Kegiatan



Rusmiyatun
NIM 10.11.00005

Mengetahui,
Ketua Jurusan Akuntansi



Nur Edi Cahyono, SE.
NIDN . 348005007

Menyetujui,
Kepala P3M STIE Rajawali Purworejo



Hesti Respatiningsih, SE, M.Par.
NIDN. 0610027701



PRAKATA



          Puji Syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan kegiatan praktik bisnis sistem informasi produksi pada PT. Progressio Indonesia dengan baik.  Laporan ini disusun untuk melengkapi tugas mata kuliah praktik bisnis setelah melakukan kunjungan langsung ke PT. Progessio Indonesia di Bandung. Laporan ini tersusun berkat bantuan beberapa pihak. Karena itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada :
1.    Anna Probowati, SE, MM, M.Par selaku ketua STIE Rajawali Purworejo
2.    Nur Edi Cahyono, SE selaku ketua Jurusan Akuntansi STIE Rajawali Purworejo
3.    Wiyonoroto, SE, M.Pd. selaku dosen pembimbing lapangan
4.    Hesti Respatiningsih, SE, M.Par selaku ketua P3M STIE Rajawali Purworejo
5.    Pihak manajemen PT Progessio Indonesia yang telah berkenan untuk diwawancarai guna pengumpulan data.
6.    Rekan-rekan STIE Rajawali yang telah berbagi ide , pengalaman, kekompakan dan persahabatan.
7.    Semua pihak yang telah membantu tersusunnya laporan ini.
Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat diharapkan untuk penyempurnaan pembuatan laporan yang akan datang. Semoga laporan praktek bisnis ini dapat berguna untuk pihak yang membutuhkannya.



Purworejo, 30 April 2013
Penyusun



(Rusmiyatun)


DAFTAR ISI


A.     PENDAHULUAN
1.   Latar Belakang
Setiap perguruan tinggi berfungsi menjalankan misi Tridarma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian masyarakat. Begitu pula dengan STIE Rajawali yang eksis di Kabupaten Purworejo turut melaksankan Tridarma Perguruan tinggi ini, salah satunya adalah dengan melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan melibatkan civitas STIE Rajawali. Sebagaimana salah satu tujuan STIE Rajawali Purworejo yaitu menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang ilmiah melalui penelitian dan pengabdian secara proporsional. Sehingga nantinya mampu menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang akuntansi maupun manajemen bukan hanya di bidang teori tetapi juga praktek di masyarakat.
Berdasarkan hal tersebut di atas STIE Rajawali dituntut memiliki program yang mampu membuat mahasiswa terjun langsung ke dunia industri untuk melihat praktik bisnis maupun mengamatai langsung kegiatan praktik bisnis dan mampu melaksnakan penelitian serta penelaahan kegiatan bisnis di masyarakat. Praktek bisnis merupakan salah satu program pendidikan yang harus diikuti setiap mahasiswa  agar mereka mempunyai kemampuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan kompetensinya dalam menumbuhkan jiwa wirausaha dan menangkap peluang bisnis.
Di dalam praktek bisnis, mahasiswa dapat mengamati bagaimana perusahaan menjalankan usahanya. Baik dari bidang produksi, pengelolaan keuangan, pelaporan maupun bagaimana cara perusahaan memasarkan produknya. Untuk mendukung dan mengembangkan usahanya setiap perusahaan  harus memiliki manajemen yang bagus , Salah satunya adalah dengan dimilikinya sistem informasi akuntansi yang memadai. Di dalam perusahaan manufaktur produksi merupakan unsur penting karena kemampuan perusahaan untuk  mencetak produk sesuai dengan pesanan maupun sesuai dengan permintaan pasar. Manajemen juga sangat membutuhkan informasi dari produksi karena untuk memberikan informasi akuntansi biaya yang akurat dan tepat untuk pengambilan keputusan. Karena informasi dari siklus produksi  mampu mempengaruhi keputusan manajemen untuk memutuskan bauran produk, penetapan harga produk . dengan adanya siklus produksi ini dapat diciptakan sistem informasi produksi yang sangat penting dan berperan besar dan juga bisa digunakan untuk pengelolaan pengendalian intern perusahaan untuk kemajuan perusahaan ke depannya

2.    Tujuan Kegiatan
a.    Tujuan Umum
Tujuan umum dari kegiatan praktek bisnis yang diadakan oleh STIE Rajawali Purworejo ini adalah supaya dapat memberikan pengetahuan secara akademik dalam dunia usaha kepada mahasiswa, agar mahasiswa dapat mengenal dunia usaha serta mempraktekkan teori yang didapat di lingkungan kampus dan membekali mahasiswa supaya dapat mengimplementasikan ilmunya di masyarakat. Selain itu STIE Rajawali Purworejo juga memberikan bimbingan kepada mahasiswa berkaitan dengan pengelolaan keuangan, manajemen dan pemasaran di dalam dunia usaha serta penulisan laporan.
b.    Tujuan Khusus
Mahasiswa dapat mengetahui siklus informasi alur produksi yang teorinya telah diperoleh di bangku kuliah dan membandingkan dengan realita  di PT. Progessio Indonesia serta mahasiswa dapat memperoleh gambaran nyata tentang penerapan teori tersebut.

3.    Manfaat Kegiatan
a.       Manfaat Umum
Sebagai upaya meningkatkan kualitas dan mutu kelulusan mahasiswa sebagai bagian dari pemberian pengetahuan tentang dunia usaha secara nyata dan merupakan kegiatan penunjang peningkatan pengetahuan akademik yang telah diterima di dalam proses belajar di bangku perkuliahan dan merupakan pewujudan nyata tujuan STIE Rajawali Purworejo untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat secara proporsional.
a.         Manfaat Khusus
Mahasiswa memperoleh wawasan dan pengetahuan mengenai sistem informasi akuntansi khususnya siklus produksi di PT. Progessio Indonesia dan mampu memerikan kesimpulan serta saran yang diperlukan untuk PT Pronesia tersebut.

B.       HASIL KEGIATAN
1.      Gambaran Umum Perusahaan
a.       Sejarah Singkat
PT Progessio Indonesia atau yang lebih terkenal PT Pronesia   merupakan Konveksi pakaian seragam yang berdiri pada tanggal 08 Februari 1999, dengan dukungan Staff profesional yang berpengalaman dalam bidang  produksi pakaian seragam. Beralamat di Jl. Gudang Utara No. 6 Bandung (sayap Jl. Riau ) Samping Ruko Segitiga Mas Kosambi No. Telepon 022- 4221871, Fax 022 – 70773991.
Konveksi pakaian seragam Dengan berlandaskan hukum dan perizinan dari pihak Departemen terkait, menjadikan meraka sebagai salah satu pilihan utama Konveksi pakaian seragam bagi dunia usaha dalam rangka penyediaan dan pengelolaan project di dalam negeri baik bagi perusahaan swasta ataupun instansi yang membutuhkan Jasa produksi seragam perusahaan . Berikut ini landasan hukum PT  Pronesia :
1.      Akta Notaris No. 30 Tanggal 26 Februari 2004 Notaris Hj. Tetty Surtiati Hidayat, SH. Dan Akta perubahan No 3 tanggal 10 April 2012 Hj. Tetty Surtiati Hidayat, SH.
2.      Surat Izin Usaha Perdagangan nomor 510/1-1132/2007/03938-BPPT, tanggal 25 Mei 2012 – 25 Mai 2015.
3.      Tanda Daftar Perusahaan nomor 101114610346 tanggal 20 Agustus 2014
4.      Ijin Gangguan nomor 503116-3797/BPPT tanggal 25 Mei 2015
5.      Tanda Daftar Industri nomor 534/0017.23/TDI.01/V/BPPT/2012 tanggal 25 Mei 2015.
6.      Nomor Pokok Wajib Pajak nomor 02.332.963.4-424.000
PT Pronesia memproduksi beberapa produk antara lain  baju seragam, topi, tas, jeans, sandal, tenda, jaket dan safety wear dan produk konveksi lainnya. Produksi PT Pronesia berdasarkan pesanan pelanggan. Konsumen dapat memesan dengan melihat website PT pronesia dan memilih design atau menghendaki design sendiri. Minimum order yang diterima adalah 100 pcs dengan mengakses www.pronesia.co.id.
b.      Struktur Organisasi
1)      Struktur Organisasi Manajemen Proyek Pakaian Seragam
Project Manager
Design Layout
Finance
Operator Alat
Distribution
Administrasi
 



Gambar 1.
Struktur Organisasi  Proyek Seragam Manajemen



2)     
Gambar 2.
Struktur Organisasi PT Pronessia

General Manajer
Finance 2
Aspro 1
Marketing Division
PM 2
PM 3
PM 4
PM 1
Aspro 1
Aspro 1
Aspro 1
Design Division
Design 2
Design 1
Production Division
Kepala
produksi
Asisten
produksi
Embroidery
Sewing
Cutting Pola
Finance 1
Distribution Division
PM 3
PM 4
PM 4
Struktur Organisasi

c.       Pengalaman-pengalaman
PT Pronesia telah menerima banyak order untuk memproduksi pesanan yang  dipercayakan dari berbagai pihak dari instansi pemerintah maupun pihak swasta, antara lain :
1)      Swasta
·           Yamaha Indonesiaa Motor MFG
·           Mc Donald Indonesia
·           Ice Cream Diamond
·           Telkomsel
·           Pamapersada Nusantara
·           United Tractor
·           Astra Honda Motor
·           Lee Cooper Indonesia
·           PT. Djarum
·           PT. Telkom Indonesia
·           Trans TV /Trans7
·           Coca Cola Indonesia
·           US Aid
·           Semen Gresik
·           Citibank
·           Pro Golf
·           British International School
·           Pertamina
·           Indocement
·           Conoco Philips
·           Chevron
·           Proton Indonesia
·           Mecdo Energi
·           Indonesia Power
2)      Pemerintah
·           Kementrian Pendidikan
·           Kementrian Perdagangan
·           Kementrian perhubungan
·           Kementerian kesehatan
·           Kementarian keuangan
·           Provinsi Bali
·           Kabupaten Maros
·           Provinsi Banten
·           Provinsi Bengkulu
·           Daerah Istimewa Yogyakarta
·           Provinsi DKI Jakarta
·           Provinsi Gorontalo
d.      Pabrik
PT Pronesia mempunyai pabrik sebagai berikut :
1)      Pabrik Baju Seragam
·           Kemeja seragam
·           Seragam Cafe/Resto
·           Seragam Rumah Sakit
·           Seragam SPG
2)      Pabrik Topi
·           Topi Militer
·           Topi Promosi
·           Topi Bucket
·           Topi Sekolah
3)      Pabrik Tas
·           Bag pack
·           Tas seminar
·           Travel bag
4)      Pabrik Jeans
5)      Pabrik Sandal
6)      Pabrik Tenda
·           Tenda Promosi
·           Tenda Kerucut
·           Tenda Camping
·           Tenda Peleton
·           Tenda Payung
·           Tenda Cafe
·           Tenda Gazebo
7)      Pabrik Kaos
8)      Pabrik Payung Promosi
9)      Pabrik Jas Hujan
10)  Safety wear
·           Safety vest
·           Wear pack
11)  Goody Bag promosi
12)  Pabrik Jaket
·           Jaket Casual
·           Jaket Kantor
·           Jaket Olahraga
·           Jaket Community

2.      Hasil Pengamatan
            Pada siklus produksi di butuhkan informasi biaya oleh pihak internal dan eksternal perusahaan, peranan Sistem Informasi Akuntansi menyiapkan informasi yang berguna untuk berbagai tingkatan manajemen. Manajemen sebagai pihak internal mebutuhkan informasi biaya untuk kepentingan membuat keputusan tentang biaya yang dibutuhkan memproduksi dan bentuk produksi yang dibuat.
            Sedangkan secara eksternal, biaya harus dibandingkan dengan benar terhadap laporan keuangan. Dengan adanya gambaran siklus produksi juga dapat diketahui bagaimana pengemdalian intern terhadap perusahaan tersebut. PT Pronesia memproduksi barang berdasarkan pesanan  pelanggan, sehingga dapat meminimalkan persediaan.
A.    Bagian-bagian Divisi Produksi
 Di dalam siklus produksi PT Pronesia melibatkan Divisi Produksi yang terdiri dari beberapa bagian-bagian  yang terkait, antara lain :
1.      Kepala Produksi
Kepala Produksi bertanggung jawab penuh terhadap produksi barang pesanan yang masuk ke dalam PT. Pronesia dan bertugas mengkoordinir bagian embroidery dan bagian sewing. Kepala produksi dibantu oleh asisten produksi untuk  mengatur semua bagian divisi produksi.
2.      Asisten Produksi
Asisten  produksi membantu kepala produksi untuk mengkoordinir bagian  spesifik cutting pola, atau pemotongan pola pakaian pesanan.
3.      Embrodery
Di bagian ini spesifikasi pekerjaannya adalah pembuatan pola, dan dekorasi pola dari pakaian atau pesanan pelanggan.
4.      Sewing
Di bagian ini khusus digunakan untuk menjahit  pesanan pelanggan yang  telah dipotong polanya dan dibuat desainnya.
5.      Cutting Pola
Di bagian ini khusus dilakukan pemotongan pola-pola untuk desain pesanan pelanggan.

B.     Fungsi-fungsi yang terkait SIA Produksi di PT Pronesia
Untuk keseluruhan fungsi yang terlibat di dalam siklus produksi ada beberapa macam antara lain :
1.      Fungsi Manajemen Proyek
Fungsi Manajemen Proyek sebagai pengelola pelaksana  setiap pesanan  , mulai dari pembelian bahan baku sampai dengan produksi. Fungsi ini yang bertanggung jawab terhadap kelancaran keberhasilan pesanan pelanggan.
2.      Fungsi Finance
Fingsi Finance sebagai fungsi pengeluaran kas dalam hal pembelian bahan baku dan pengeluaran kas lainnya dengan bukti pendukung  seperti kuitansai, PO, dan surat terima barang. Bukti kas keluar diotorisasi oleh direktur.
3.      Fungsi Akuntansi
Fungsi Akuntansi sebagai pencatat bukti pengeluaran kas dan biaya-biaya  yang berhubungan dengan produksi.
4.      Fungsi Pembelian
Fungsi Pembelian sebagai pencari informasi tentang harga bahan baku . Fungsi ini di dalam PT Pronesia diotorisasi oleh direktur yang sekaligus pemilik perusahaan.
5.      Fungsi Penerimaan Barang
Fungsi ini sebagai penerima  bahan baku yang datang
6.      Fungsi Produksi
Fungsi ini sebagai pengolah  bahan baku menjadi barang jadi. Pengolahan bahan baku mulai dari pembuatan pola, pemotongan, bordir/sablon, penjahitan dan quality control

C.     Formulir-formulir yang dibutuhkan dalam SIA Produksi di PT Pronesia adalah :
1.        Order produksi
2.         Daftar kebutuhan bahan (bill of materials)
3.         Surat permintaan bahan (requisition)
4.         Urutan kegiatan (operation list)
5.        Traveler Card atau Route Card
6.       Kartu Kerja (job ticket)

D.    Alur Produksi  yang ada di PT. Pronesia :
1.      Alur produksi dimulai ketika bagian marketing memperoleh pesanan , kemudian bagian marketing membuat daftar pesanan ke bagian desainer.
2.      Bagian desainer membuat desain sesuai yang dipesan  dan membuat dokumen rangkap 2 daftar pesanan beserta desain yang dipilih dan dimasukan ke bagian produksi
3.      Bagian produksi berdasarkan daftar pesanan melakukan pencatatan dan membuat daftar kebutuhan bahan produksi dan membuat surat permintaan bahan  ke bagian pembelian untuk melakukan pengadaan bahan baku. Pengadaan bahan baku ini diotorisasi oleh pimpinan sendiri. Bagian pembelian memberikan faktur pembelian kepada bagian akuntansi.
4.      Setelah  pengadaan bahan baku, dilakukan pemotongan pola sesuai dengan desain
5.      Setelah pemotongan pola, dimasukkan ke bagian printing untuk desain yang membutuhkan motif dengan print, ada pula yang dimasukkan ke bagian embroidery untuk pola yang rumit bordir.
6.      Setelah itu bahan yang telah diberi pola dan motif atau print dimasukkan ke bagian trimming, di bagian ini  dilakukan suatu proses/kegiatan pemotongan/penghilangan bagian-bagian yang tidak dikehendaki pada bahan.
7.      Setelah di trimming dimasukan ke bagian sewing. Sewing ini ada 2 macam, untuk bagian pertama untuk menjahit pertama kali bahan, dan bagian kedua untuk menjahit finishing.
8.      Setelah itu bahan yang telah dijahit masuk ke bagian finishing untuk diberi kelengkapan, misalnya penempelan kancing  pemasangan atribut dan lain-lain.
9.      Setelah selesai finishing, proses selanjutnya akan masuk ke bagian quality control, disini pakaian ataupun barang yang telah jadi dicek algi apakah semua telah sesuai dengan standar dan atribut kelengkapannya.
10.  Setelah keluar dari bagian quality control, dilakukan pengepakan di bagian packing.
11.  Setelah packing selesai bagian produksi akan menghubungi bagian akuntansi untuk membuat nota penjualan
12.  Nota penjualan dibuat rangkap 3, 1 di bagian akuntansi untuk arsip, 1 dimasukan ke pimpinan sebagai laporan, dan 1 lagi diberikan kepada pemesan barang bersama dengan pengiriman barang.
E.     Kunci Aliran Data

             Kunci Aliran Data :
1.      Daftar Pesanan
2.      Daftar Pesanan, Desain
3.      Permintaan Bahan Baku
4.      Kuitansi Pembelian
5.      Bahan baku
6.      Permintaan nota penjualan
7.      Nota penjualan
8.      Produk pesanan

F.      Bagan Alir (Flowchart) Produksi

Marketing

Desainer
Produksi
Pembelian
Finance/Accounting
Mulai
Mencari pesanan pelanggan
Daftar  pesanan
1
2
Daftar  pesanan
Membuat desain sesuai pesanan
Daftar  pesanan
Daftar  pesanan
Menentukan daftar bahan baku
Permintaan bahan baku
Permintaan bahan baku
Membeli  bahan baku
Kuitansi pembelian
Daftar bahan baku
Kuitansi pembelian
Membuat bukti internal sebagai pengeluaran kas
Daftar bahan baku
P.1
Bukti Kas Keluar
Otorisasi oleh direktur
rupiah
pemasok
BKK, Faktur, serah terima
T
­­





































Beserta
Desain















Beserta
Bahan
 baku














Gambar 4.
Flowchart Siklus Produksi PT Pronesia ( Bagian 1)
                                                                                                                                                                                                                                                        
Produksi
Finance/Accounting
Delivery
P.1
Pemotongan Pola
Embroidery
Trimming
Sewing 1
Sewing 2
Finishing
QC
Packing
Permintaan nota penjualan
Barang Jadi
Permintaan nota penjualan
Pembuatan nota penjualan


Nota penjualan
1
2
3
Pimpinan
T
Nota penjualan
Pengiriman barang
pemesan
selesai
Printing
































Barang jadi

Gambar 5.
Flowchart Siklus Produksi PT Pronesia ( Bagian 2)
                                                                                                                                                                                                                                                        

C.           PENUTUP
1.    Kesimpulan
Setelah melihat bagan alir ( Flowchart) tersebut di atas maka dapat penulis simpulkan sebagai berikut  :
a.         Semua produksi dilakukan dengan pesanan sehingga bahan baku dibeli berdasarkan kebutuhan. Hal ini dapat memperkecil biaya penyimpanan persediaan dan meminimalisir kerusakan barang.
b.        Tidak terdapat bagian gudang  khusus untuk menyimpan persediaan bahan baku
c.         Divisi produksi bertanggung jawab memproduksi barang pesanan yang masuk dengan membagi ke dalam beberapa manajemen proyek sehingga pesanan dapat diproduksi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
d.        Semua pembelian dan pengeluaran kas diotorisasi oleh pimpinan, sehingga kontrolnya masih lemah.
e.         Tidak ada pemisahan antara fungsi keuangan sebagai pemegang uang dan fungsi akuntansi sebagai pencatat transaksi keuangan, sehingga lemah dalam pengawasannya.
2.      Saran
a.         Sistem pengawasan perlu ditingkatkan yaitu yang terkait dengan otorisasi, seharusnya ada pihak lain yang bertugas mengotorisasi pengeluaran kas, bukan hanya pimpinan/direktur.
b.        Perlu adanya pemisahan fungsi antara bagaian keuangan dengan bagian akuntansi untuk menghindari terjadinya kecurangan.
c.         Pengendalian intern di bagian produksi  perlu ditingkatkan
d.        Data-data akuntansi perlu di back up dan disimpan selain di dalam perusahaan, misal dengan cara diasuransikan supaya apabila terjadi kebakaran atau bencana data perusahaan masih bisa diselamatkan.
e.         Perlu dilaksanakan adanya audit internal dalam perusahaan untuk mengetahui apakah kinerja setiap komponen perusahaan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan.

2 comments:

  1. selamat malam mbak.
    bisa minta file .doc dari dokumen laporan ini ga mbak?
    untuk keperluan tugas tentang sistem informasi mbak
    bisa dikirimkan ke aksaraw@outlook.com
    terimakasih banyak mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat malam...butuh flowchartnya ya, waah telat respon nie

      Delete